AzPro News

Bantuan Dana Kredit Untuk UMKM, Solusi Modal Usaha

Azcapro – UKM dan UMKM terus berkembang dari tahun ke tahun. Baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Dalam perkembangan UKM tersebut, wajar bila UKM membutuhkan suntikan dana sebagai modal untuk mengembangkan usahanya baik dari pemerintah maupun pihak swasta. Bantuan dana kredit untuk UMKM tersebut bisa dari berbagai sumber seperti yang diulas berikut ini.

Koperasi adalah salah satu lembaga yang bisa memberikan bantuan dana kredit untuk UMKM. Hal ini tertulis pada UU No. 20/2008 mengenai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang menerangkan bahwa pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah menyediakan pembiayaan bagi usaha mikro dan kecil.

Pembiayaan tersebut dapat berupa kerjasama pembiayaan melalui Koperasi Simpan Pinjam, Koperasi Jasa Keuangan, serta Koperasi Syariah.

Bantuan dana kredit untuk UMKM yang kedua adalah dari bank. Menurut UU No. 20 tahun 2008, terdapat tiga golongan usaha menurut pendapatannya dimana usaha mikro memiliki pendapatan mulai dari 50 juta hingga 300 juta, usaha kecil yakni 50 juta hingga 500 juta dan usaha menengah mulai dari 500 juta hingga 50 milyar.

Dengan memahami penggolongan usaha tersebut anda bisa mengajukan permohonan bantuan dana kredit untuk UMKM ke bank. Berikut ini adalah syarat syaratnya

1. KTP dan KK
2. NPWP/SPT
3. Kelengkapan surat usaha
4. Rekening 3 bulan terakhir
5. Laporan transaksi keuangan (sebagai syarat untuk jenis kredit investasi).
6. Dokumen rencana investasi (sebagai syarat untuk jenis kredit investasi)
7. Slip gaji (bagi pegawai)

Terdapat beberapa jenis kredit yang bisa diajukan berdasarkan kegunaannya yaitu kredit modal kerja dan kredit investasi. Untuk kredit modal kerja adalah bantuan dana kredit untuk UMKM sebagai tambahan modal. Bentuk modal kerja ini biasanya memiliki jangka waktu satu tahun atau bisa diperpanjang.

Selanjutnya adalah kredit investasi. Kredit investasi memiliki tujuan untuk mengembangkan UMKM agar lebih luas. Jangka waktu yang diambil biasanya adalah maksimal 5 tahun.

Bentuk kredit modal kerja adalah jenis yang diperuntukan oleh mereka yang ingin membuka sebuah usaha sedangkan kredit investasi adalah bantuan dana kredit untuk UMKM yang sudah lama berdiri dan ingin mengembangkan usahanya.

Tags

Related Articles

Loading...
Back to top button
×

Install Mobiel App Kami!

Responsive image Enjoy Super fast loading
Responsive image Get Exclusive Offer
Responsive image Works Offline
Just Click Add to Home

Install Mobile App Kami!


Responsive image Enjoy Super fast loading
Responsive image Get Exclusive Offer
Responsive image Works Offline

Klik 3 Titik kanan atas
& Pilih menu "Add to Home Screen"
App kami terpasang otomatis tanpa install

Install Mobile App Kami!


Responsive image Enjoy Super fast loading
Responsive image Enjoy Super fast loading
Responsive image Enjoy Super fast loading

Just Click Responsive image
& Pilih menu "Add to Home Screen"
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker