AzPro News

Cara Bikin Npwp Online Di Situs Pajak

Cara Bikin NPWP Online – Jika sebelumnya Wajib Pajak hanya dapat membuat NPWP dengan mendatangi kantor pajak, kini untuk mempermudah Wajib Pajak dalam membuat NPWP, Direktorat Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) telah memperkenalkan cara pendaftaran NPWP melalui Internet atau secara online atau juga dikenal sebagai e-registration (E-REG DJP).

Anggap saja Anda sudah tahu NPWP, sudah termasuk kategori orang yang punya kewajiban membayar pajak. NPWP sendiri merupakan singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak, dan merupakan sebuah nomor identitas yang wajib dimiliki oleh warga negara Indonesia baik itu perorangan/pribadi, perusahaan, koperasi, BUMN, Firma, PT, CV, kongsi, Persekutuan, Yayasan, Organisasi Massa dan Politik, dan lain-lainnya.

Pendaftaran NPWP secara online dilakukan melalui aplikasi yang disediakan Dirjen Pajak untuk mempermudah Wajib Pajak membuat NPWP tanpa harus datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) domisili masing-masing.

ini cara bikin Npwp online

Cara Bikin NPWP Online Untuk Wajib Pajak

Setelah berkas kelengkapannya siap, Anda harus mengirimkan Formulir Registrasi Wajib Pajak, Surat Keterangan Terdaftar Sementara yang sudah ditandatangani, beserta dokumen lainnya ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat Anda sebagai Wajib Pajak terdaftar.

Kini muncul pertanyaan, berapa lama masa berlaku kartu NPWP, seperti telah kita  ketahui, NPWP berfungsi sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.
NPWP ini diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana yang merupakan identitas atau tanda pengenal bagi setiap Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya dalam hal perpajakan.

Cara mengaktivasi akun Anda adalah dengan membuka kotak masuk (inbox) dari email yang Anda gunakan untuk mendaftar tadi, kemudian buka email yang masuk dari Dirjen Pajak.

Setelah mengirimkan berkas dokumen, Anda dapat memeriksa status pendaftaran NPWP Anda melalui email atau di halaman history pendaftaran dalam aplikasi e—Registration.

Setelah semua data pada formulir pendaftaran terisi lengkap, pilih tombol daftar untuk mengirim Formulir Registrasi Wajib Pajak secara elektronik ke Kantor Pelayanan Pajak tempat Wajib Pajak terdaftar.

Tujuan dari NPWP adalah sebagai sarana administrasi perpajakan, identitas Wajib Pajak, dan persyaratan pelayanan umum misalnya untuk pengajuan kredit perbankan dan lain-lain.

Atau Anda bisa mengklik tautan yang terdapat di dalam email aktivasi kedua dari Dirjen Pajak.

Masyarakat yang memiliki domisili yang berbeda dengan alamat tempat tinggal yang tercantum di KTP juga dapat memanfaatkan kemudahan pendaftaran NPWP secara online ini.

Kunjungi alamat atau untuk langsung mengakses halaman pendaftaran NPWP online di situs Dirjen Pajak.

Jika Anda tidak ingin repot-repot menyerahkan atau mengirimkan berkas secara langsung atau melalui pos ke KPP, Anda dapat memindai (scan) dokumen Anda dan mengunggahnya dalam bentuk soft file melalui aplikasi e-Registration tadi.

baca juga: Pelaku UKM Penting Membekali Usaha Dengan SITU dan SIUP

Wajib pajak membayarkan pajak penghasilan kepada pemerintah selanjutnya pemerintah dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan negara untuk rakyatnya, misalkan untuk membangun fasilitas umum seperti infrastruktur dan sarana kesehatan.

Setelah proses aktivasi berhasil, yang harus dilakukan adalah login ke sistem e-Registration dengan memasukkan email dan password akun yang telah dibuat sebelumnya.

Sistem pendaftaran dan pembuatan NPWP secara online ini tentu saja sangat membantu masyarakat yang tinggal jauh dari lokasi KPP (Kantor Pelayanan Pajak).

Sesudah berhasil login, kemudian akan diarahkana ke halaman Registrasi Data WP untuk memulai proses cara bikin Npwp online. Namun jika statusnya disetujui, maka kartu NPWP Anda akan segera dikirim ke alamat Anda melalui pos.

Jika Anda belum pernah mendaftarkan diri, silakan mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan akun dengan cara mengakses situs resmi dari kantor pajak melalui link ini https://www.pajak.go.id, milik direktorat pajak departemen keuangan.

Jika setelah menggunakan cara bikin npwp online ini statusnya ditolak, maka Anda harus memperbaiki beberapa data yang kurang lengkap. Isilah semua data dengan benar pada formulir yang tersedia. (aspari)

Tags

Related Articles

Loading...
Back to top button
×

Install Mobiel App Kami!

Responsive image Enjoy Super fast loading
Responsive image Get Exclusive Offer
Responsive image Works Offline
Just Click Add to Home

Install Mobile App Kami!


Responsive image Enjoy Super fast loading
Responsive image Get Exclusive Offer
Responsive image Works Offline

Klik 3 Titik kanan atas
& Pilih menu "Add to Home Screen"
App kami terpasang otomatis tanpa install

Install Mobile App Kami!


Responsive image Enjoy Super fast loading
Responsive image Enjoy Super fast loading
Responsive image Enjoy Super fast loading

Just Click Responsive image
& Pilih menu "Add to Home Screen"
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker