Desain Dapur Ini, Cocok Untuk Rumah Ukuran Kecil

Kitchen Set Untuk Rumah Kecil

Menentukan bentuk desain dapur set yang cocok berdasarkan kebutuhan memang sangat diperlukan agar pekerjaan memasak bisa dilakukan dengan nyaman.

Lebih memuaskan lagi bila bentuk tersebut merupakan karakter sendiri yang coba diaplikasikan untuk menunjang hobi atau kegemaran memasak.

Tidak hanya memiliki kelebihan akan tetapi juga nilai plus untuk lebih memacu diri agar lebih baik lagi.
Beberapa kiat berikut bisa menjadi bahan pertimbangan untuk membuat desain dapur dengan kondisi ruangan yang kecil;

Dark color memang memiliki kesan tersendiri tetapi sudah menjadi pendapat umum bahwa pada ruang kecil akan berdampak lebih memberi kesan sempit kecuali di bantu dengan penataan cahaya baik pencahayaan alami atau menggunakan lampu yang cukup besar sehingga mampu memberikan efek lega pada sudut-sudut tertentu.

Keadaan ini juga termasuk pada bagian lantai dengan menggunakan warna cerah maka kesan lapang akan lebih mudah di dapat di bandingkan dengan pemilihan keramik lantai berwarna gelap.

Pantulan cermin yang di tempatkan pada posisi yang tepat mengarah pada ruang lain yang lebih luas dapat memberikan efek lapang pada sebuah ruangan. Sisi pandang yang yang di dapat akan terasa seperti seolah-olah berada pada ruangan tersebut bukan pada ruang kecil di dapur Anda.

Istilah yang biasa di gunakan untuk kiat ini adalah refleksi, ruang denganukuran tertentu seolah bertambah lebih besar menjadi 2 kali lipat dari ruangan sesungguhnya.

Tidak dapat di pungkiri bahwa ruang kecil akan terasa menyesakkan pernapasan bila ventilasi untuk sirkulasi udara tidak di buat dengan baik.

Alangkah lebih baik bila ruang dapur kecil di letakkan bersebelahan dengan ruang terbuka dan Anda dapat menempatkan jendela yang berukuran lebih besar atau beberapa bukaan seperti roaster block pada dinding sehingga udara yang masuk atau keluar lebih lancar.

Pandangan mata pun akan terasa lebih segar bila saat memasak di dapur kecil Anda dan Anda masih bisa melihat kelapangan pada ruangan lain yang lebih terbuka.

Tidak perlu memaksakan untuk membuat kabinet terttutup semua terutama untuk kabinet bagian atas.

Meletakkan sebuah meja besar sebagai tempat saji atau tempat kompor akan lebih baik bila di bandingkan harus membuat kabinet atas yang tertutup dengan pintu model swing.

Untuk kabinet atas Anda bisa membuatnya dengan model ambalan-ambalan sederhana yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang-barang kecil dengan kesan seperti hiasan pada dapur Anda.

Reprigerator memang sangat dibutuhkan tetapi bila memang tidak memungkinkanAnda dapat meletakkan reprigerator (kulkas) pada area lain yang bersebelahan misalnya di ruang makan.

Desain Dapur Set Mini bar

Cara ini juga dapat menjadi salah satu pilihan untuk mensiasati ruangan dapur yang kecil, dengan meja bar yang ramping dan pada bagian atas terdapat top bar dengan gantungan gelas atau kabinet kecil untuk menyimpan gelas bisa menjadi pilihan.

Untuk meja bar bisa dibuat dalam bentuk permanen atau bisa juga di buat dalam bentuk portable (bisa dilipat). Anda hanya perlu mengkondisikan dengan desain dan keadaan ruangan yang tersedia. Model Dapur dengan mini bar juga sebagai alternatif pilihan penggunaan meja besar pada dapur.

Memang akan lebih banyak komponen yang di buat tetapi keadaan ini akan membuat dapur kecil Anda menjadi lebih banyak fungsi atau lebih banyak menyimpan banyak peralatan.

Anda dapat melihat gambar desain untuk dapur kecil dengan fungsi maksimal pada gambar berikut;

Desain ini hanya contoh di buat dngan ukuran ruangan panjang 3 m dan lebar 2 m.

Inspirasi Warna Desain Dapur

Berikut ini adalah beberapa desain dengan segala bentuk ruangan dan luas yang bisa anda jadikan inspirasi konsep anda;

Warna dapur keemasan

Dari namanya saja sudah ketahuan kalo dapur ini akan didominasi dengan warna gold untuk memunculkan kesan luxurious. Dapur ini terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian memasak dan bagian untuk menghidangkan makanan.

Warna gold diambil dari kitchen set berwarna wood kekuningan. Sementara saat malam hari, lampu-lampunya juga didesain berwarna kuning keemasan.

Meski temboknya tetap berwarna putih. Sebuah vas bunga di atas meja dekat ventilasi dan kursi di sebelahnya sangat cocok untuk anak anda yang sedang menunggu sarapan.

Warna silver putih

Ini kombinasi 3 warna, hitam, putih dan warna perak yang berasal dari aluminium kitchen set milik anda. Warna ini akan membawa kesan futuristik pada dapur anda.

Dengan desain ini anda akan lebih lama berada di dapur, selain nyaman untuk anda, ini juga nyaman untuk keluarga, kerabat, dan teman yang datang berkunjung.

Caranya, pilihlah kitchen set berwarna aluminium dengan kaca berwarna hitam, meja dapur anda bisa berwarna putih dan khusus untuk meja makan anda bisa gunakan meja yang terbuat dari kaca dengan tempat duduk berwarna silver.

Di atas meja tersebut ada vas dengan bunga warna warni. Untuk pencahayaan, warna biru bisa mempercantik suasana dapur saat malam hari.

Tips Desain Dapur Sederhana

Dapur adalah jantungnya rumah anda. Selain menjadi tempat memasak, dapur juga bisa digunakan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga, yaitu saat makan bersama. Alangkah asrinya rumah anda, jika spot terpenting ini tampil elegan dan cantik. Berikut tips untuk memoles dapur anda;

  1. Buatlah rencana yang matang- Sebelum menggantinya anda yang sekarang, buatlah rencana yang matang terlebih dahulu.
  2. Batasi Budget, Ingat Kebutuhan bukan Keinginan
    Buatlah rencana budget yang sesuai, jangan terlalu berlebihan. Fokuslah pada kebutuhan anda.
  3. Menyewa jasa desainer interior
    Jika anda punya cukup uang untuk menyewa jasa desainer dapur. Anda bisa memakainya. Memang agak sedikit mahal, tapi ini demi kesempurnaan dapur anda.
  4. Fokuslah pada fungsi
    Belilah barang-barang sesuai fungsinya, jika sekiranya barang tersebut tidak mempunyai fungsi vital, pikirkanlah seribu kali untuk membeli atau memasukkan dalam daftar belanjaan.
  5. Saatnya menunjukkan gaya anda
    Tentukan anda mau dapur yang bergaya apa? Atau dapur apa yang bisa membuat anda nyaman?. Ini penting karena hampir setiap hari anda akan menghabiskan waktu bersama keluarga di sini. Misalnya, desain modern.
  6. Pemilihan warna
    Anda lebih suka warna cerah, kalem atau yang netral saja? Pilihlah. Sebelum masuk ke langkah selanjutnya.
  7. Kesepadanan
    Nah, di sinilah anda ditantang untuk membeli perabotan yang bisa dipadupadankan dengan ruangan anda. Pilihlah perabotan yang dapat menyatu dengan warna cat ruangan.
  8. Saatnya pemasangan dan perawatan Jika sudah semua, saatnya pemasangan perabotan. Jangan lupa untuk merawatnya secara berkala.

Masih banyak inspirasi yang bisa digunakan untuk menata rumah kecil dengan perlengkapan ideal agar rumah idaman jadi terasa lebih nyaman dan membuat penghuni betah menikmati bermacam aktivitas.

Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan kitchen set untuk rumah, kantor, apartemen atau tempat usaha bisa menghubungi kontak berikut dengan cara klik dibawah ini.

 

By WhatsApp

Exit mobile version